Contoh Teks Eksemplum

Teks eksemplum umumnya diawali dengan pengenalan tokoh, kemudian di sambung dengan menceritakan kejadian yang dialami tokoh, dan ditutup dengan interpretasi yang muncul dari kejadian yang dialami tokoh.

Nah, bagi kamu yang masih kebingungan dalam mencari referensi contoh teks persuasif. Jangan khawatir! Sebab, pada artikel ini Pelajarin.com telah menyiapkan beberapa contohnya yang siap kamu baca dan pelajari.

Contoh Teks Eksemplum tentang Pendidikan

Anak laki-laki yang malas membaca

Judul: Gara-Gara Bahasa Indonesia

1. Orientasi

Namaku Wahyu, aku 5 bersaudara, namun menurutku aku adalah anak yang paling aneh, aku tidak menyukai pelajaran Bahasa Indonesia. Hanya karena kita tinggal di negara Indonesia, tentu kita bisa berbahasa Indonesia.

Menurutku, pelajaran bahasa Indonesia ini sangat sia-sia. Ayahku adalah seorang yang memiliki kepribadian yang keras kepala. Ia berharap setiap anaknya akan menjadi orang sukses, dan ia paling anti melihat nilai merah di rapor anaknya.

2. Insiden

Hari ini adalah hari pengambilan rapor tengah semester, dengan keadaan setengah dag dig dug aku berjalan bersama Ayah untuk mengambil rapor.

Dalam perjalanan, Ayah bertanya “bagaimana perasaanmu? Kira-kira baguskah nilaimu?” Aku hanya tersenyum menanggapi pertanyaan Ayah, karena aku merasa nilai-nilaiku baik semua. Sesampainya di sekolah, kami duduk bersebelahan di ruang kelas. Ayah terlihat sedang berdoa, entah apa yang ia sedang doakan.

Tibalah saat namaku dipanggil, Ayah maju untuk menemui wali kelasku dan aku tetap pada posisi dudukku semula. Sesaat, aku melihat Ayah meneteskan air mata, ia nampak sedih, namun ia tidak marah kepadaku. Sepulangnya dari sana, Ayah hanya terdiam, dan aku pun mencoba untuk membuka pembicaraan. “Ayah, mengapa bersedih?” Dengan suara bergetar ayah menjawab pertanyaanku “Ayah kecewa, tidakkah kau tahu, Ayah bersusah payah mendapatkan uang untuk menyekolahkanmu. Bahkan Ayah dan Ibu menghemat pengeluaran agar kau dan adik-adikmu bisa sekolah. Tetapi, hari ini Ayah melihat nilai merah pada pelajaran Bahasa Indonesia di rapormu.”

Aku hanya terdiam dan merasa sakit dalam hatiku, mengapa aku membuat Ayah bersedih? Mengapa aku tidak menyadari jika Ayah sudah bersusah payah untuk menyekolahkanku?

3. Interpretasi

Sejak hari itu, aku bertekad untuk lebih giat belajar dan berusaha menyukai pelajaran Bahasa Indonesia. Walaupun tidak mudah, namun aku merasa itu adalah timbal balik atas pengorbanan orang tuaku untuk menyekolahkanku. 

Contoh Teks Eksemplum tentang Lingkungan

Wanita yang sedang membuang sampah

Judul: Buang Sampah pada Tempatnya

1. Abstrak

Siang hari di sebuah sekolah, silir angin terasa sejuk menerpa tubuhku. Tidak terasa, bel sekolah pertanda istirahat pertama pun telah berbunyi. Seketika, para siswa berbondong-bondong meninggalkan kelas dan langsung menuju kantin karena merasa lapar dan haus. Begitu pun dengan salah satu siswa di kelas 9D yang langsung bergegas pergi ke kantin.

2. Orientasi

Riko namanya, salah satu siswa 9D di sekolah tersebut juga langsung menuju kantin bersama teman-temannya setelah menjalani ulangan harian dadakan. Wajah mereka menunjukkan kelelahan, sekaligus mencemaskan hasil yang mereka kerjakan. Pasalnya, ulangan harian ini juga dijadikan simulasi Ujian Nasional oleh gurunya.

3. Insiden

Sesampainya di kantin sekolah, terlihat makanan yang sudah terpajang rapi di depan mata Riko dan teman-temannya. Riko yang merasa lapar langsung mengambil arem-arem dan tahu yang dibungkus plastik. Selain itu, Riko juga memesan minuman dan dibungkus menggunakan plastik agar lebih praktis.

Salah satu teman Riko yang bernama Ridho, mencoba membuat challenge kepada Riko, yaitu melempar sampah-sampah yang ada di meja ke dalam tong sampah yang jaraknya sekitar 3 meter dari lokasi mereka. Seolah tertantang, Riko pun menyetujui tantangan tersebut. Mulai dari daun pisang pembukus arem-arem dan disambung dengan plastik yang masih berisi es teh.

Pada lemparan pertama, yaitu pembukus arem-arem langsung masuk ke dalam tong sampah. Namun, tidak untuk plastik yang masih berisi es teh, plastik tersebut tidak masuk dan air berceceran di lantai. Sekian detik setelah itu, bel masuk pun berbunyi dan para siswa langsung meninggalkan kantin.

Karena terburu-buru, Riko tidak melihat genangan air dari plastik yang dilemparkannya tadi. Alhasil ia pun langsung terpeleset oleh plastik dan air tersebut. Tawa dari teman-teman dan siswa lain yang masih ada di kantin pun sudah tidak terelakkan lagi. Riko kemudian dibantu bangun oleh teman-temannya dan merasa malu akibat ulahnya sendiri.

4. Interpretasi

Atas kelalaian dan mengikuti tantangan dari temannya, Riko merasa jera dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi. Tantangan tadi memang terlihat seru, namun jika pada akhirnya berdampak pada diri sendiri, sebaiknya dihindari. Lebih baik membuang sampah di tempatnya dengan cara yang benar, bukan dengan cara dilempar-lempar.

5. Koda

Semenjak saat itu, Riko tidak ingin terlibat dalam tantangan yang menurutnya cukup konyol dan bisa membahayakan dirinya ataupun orang lain. Kebersihan lingkungan merupakan sesuatu yang harus dijaga, salah satunya dengan membuang sampah pada tempatnya dengan cara yang benar. Apabila melihat sampah yang berserakan, alangkah baiknya untuk segera dibersihkan.

Contoh Teks Eksemplum Cerita Hewan

Kupu-kupu tercantik

Judul: Kesombongan Kupu-Kupu

1. Orientasi

Alkisah sekelompok kupu-kupu yang hidup di kawasan hutan tropis. Lili merupakan nama dari salah satu kelomopok kupu-kupu cantik tersebut. Lili ini dikenal sebagai kupu-kupu yang sombong dan angkuh. Hal tersebut dikarenakan ia selalu merasa jika dialah hewan tercantik dan terpintar diantara seluruh hewan di sana.

2. Insiden

Hingga pada suatu hari, kelompoknya sedang membuat sarang. Mereka membuatnya dengan penuh ketekunan dan sabar. Sehingga akhirnya terbentuklah sarang yang indah, rapih, dan kokoh. Namun, berbeda dengan Lili, sarangnya dibuat seadanya karena terlalu pemalas.

Menurut Lili, ia berpendapat jika sarangnya lah yang lebih bagus serta terlihat lebih cantik dibandingkan dengan teman-temannya. Padahal saat membuat sarang, Lili tidak terlalu memikirkan akan ketahanan dari sarang yang ia buat itu.

Berbeda halnya dengan Elsa, seekor kupu-kupu yang sedang membuat sarang disebelah Lili. Ia dikenal sebagai kupu-kupu yang dermawan dan rendah hati. Sangat berbeda jauh dengan sifat dan perilaku Lili.

Seringkali Lili mengejek sarang milik Elsa, ia sebut sarang Elsa jelek dan tidak layak untuk ditempati. Lili selalu membanggakan sarang miliknya dan selalu membandingkannya dengan sarang milik Elsa. Namun, karena Elsa yang sudah mengetahui sifat Lili, ia pun hanya diam dan tidak menggubrisnya.

Lili yang sangat bangga dengan sarangnya, kemudian ia pun berinisiatif untuk menempelkan berbagai macam pernak-pernak agar sarangngnya terlihat lebih menonjol dibandingkan dengan sarang milik teman-temannya.

Selang waktu beberapa jam kemudian, semua kupu-kupu telah selesai membuat sarang termasuk dengan Lili dan Elsa.

Namun tidak disangka hujan pun turun dengan sangat lebat, seluruh kupu-kupu bergegas memasuki sarangnya masing-masing. Akan tetapi berbeda dengan sarang milik Lili, sarang yang ia bangun dengan susah payah seketika roboh tekena hujan lebat dan tiupan angin yang kencang.

Tubuh Lili pun terguyur air yang mengakibatkan ia kesulitan untuk terbang. Kemudian Elsa yang melihat kejadian itu, segera menghampiri Lili dan membawanya masuk ke dalam sarang miliknya.

Ia pun merasa menyesal karena telah menghina dan membanding-bandingkan sarang miliknya dengan sarang Elsa. Tidak hanya itu, Lili pun menyesali atas perbuatanya yang sombong pada teman-temannya. Beberapa waktu kemudian, setelah hujan reda, Lili pun dibantu Elsa untuk membangun kembali sarangnya.

3. Interpretasi

Semenjak kejadian itu, Lili tidak lagi bersikap sombong dan angkuh terhadap teman-temannya. Dalam diri Lili berjanji akan belajar menjadi kupu-kupu yang baik dan bersahabat. Lili juga tersadar jika dirinya merupakan makhluk sosial yang membutuhkan orang lain di dalam menjalani hidup kesehariannya.

Contoh Teks Eksemplum Peristiwa Alam

Banjir merendam pemukiman warga

Judul: Banjir Menggenang Pemukiman Sukajaya

1. Orientasi

Pada tanggal 1 Maret 2021, telah terjadi hujan lebat di Desa Sukajaya. Curah hujan tinggi yang terjadi di desa ini terjadi dari siang hari hingga menjelang pagi hari. Sebagai dampaknya, pemukiman Sukajaya pun mengalami banjir akibat derasnya air hujan.

Pemukiman Sukajaya yang pada dasarnya didominasi oleh kalangan anak-anak. Sebagian besar anak-anak di sana masih terjebak di dalam rumah mereka. Pihak RT setempat telah menghubungi berbagai aparat untuk membantu mengatasi banjir yang menjebak pemukiman Sukajaya.

2. Insiden

Pada awalnya, hujan yang mengguyur pemukiman Sukajaya terjadi pada siang hari pukul 13.00. Saat itu, kondisi cuaca memang sedang mendung. Bahkan, derasnya hujan yang terjadi juga diiringi petir dan angin kencang. Sungai di dekat pemukiman warga pun tidak dapat menampung derasnya hujan yang mengguyur pemukiman tersebut. Alhasil, pada malam hari sekitar pukul 23:00 tanggul jebol dan menyebabkan air meluap ke pemukiman warga.

Para warga yang sebagian besar telah tertidur lelap tidak menyadari insiden jebolnya tanggul di sungai sekitar. Syukur, alhamdulilahnya kejadian tersebut diketahui oleh salah seorang warga yang kebetulan mendapatkan tugas ronda di lingkungan pemukiman.

“Tanggul sungai jebol karena tidak mampu menahan derasnya air hujan. Warga juga tidak sempat membuka bendungan sungai sehingga kejebolan,” ujar Slamet.

Hingga pada akhirnya luapan air sungai masuk ke pemukiman warga Sukajaya. Adapun tinggi genangan sungai hingga waktu subuh telah mencapai 50 cm. Rendahnya resapan tanah pada permukiman tersebut juga membuat air tidak dapat mengalir secara sempurna.

3. Interpretasi

Para warga menyesal akibat tidak sempat membuka bendungan sungai. Mengingat kejadian ini sudah terjadi beberapa kali dalam setahun terakhir. Namun, karena derasnya air hujan membuat para warga kesulitan untuk membuka bendungan sungai sehingga akhirnya tanggul jebol.

Kejadian tersebut seketika menyadarkan warga pemukiman Sukajaya untuk selalu siaga setiap saat, terutama ketika musim penghujan telah tiba. Warga juga perlu membuat sistem drainase yang baik agar air dapat meresap dan mengalir dengan lebih mudah. Sehingga bilamana terjadi hujan lebat, air tidak akan menggenangi pemukiman warga.

Contoh Teks Eksemplum Fiksi

Kelinci berlari bebas di pekarangan

Judul: Si Kelinci dengan Kecepatannya

1. Orientasi

Di suatu desa yang dihuni oleh berbagai macam binatang kecil yang cukup ramai dan harmonis, ada seekor kelinci yang terkenal akan kelincahan dan kecepatannya. Si kelinci ini dapat berlari dengan kecepatan yang luar bisa di luar kemampuan para kelinci pada umumnya. Bahkan lompatannya pun terkenal sangat tinggi, dan ia juga belum pernah mengalami luka selama hidupnya.

2. Insiden

Pada suatu hari, diselenggarakanlah lomba lari di desa, yang dimana lomba tersebut dapat diikuti oleh seluruh hewan-hewan kecil yang menghuni desa itu.

Hadiah yang ditawarkan juga sangat menggiurkan, yakni aneka buah serta makanan yang dapat disimpan hingga beberapa musim ke depan. Tentu semua hewan menginginkannya, masing-masing keluarga hewan kecil ini segera merekomendasikan anak-anaknya yang masih kuat dan lincah untuk berpartisipasi untuk mengikuti perlombaan tersebut.

Ketika hari perlombaan tiba, semua hewan yang jadi peserta lomba pun berkumpul dan berbaris di garis start, termasuk si kelinci hebat.

Nampak di sana ada seekor kura-kura berdiri di sampingnya, yang kebetulan ia juga mengikuti lomba. Si kelinci yang melihat kura-kura tersebut langsung menertawainya, karena ia tahu bahwa kura-kura sangat lamban dan ia berpikir si kura-kura tidak akan bisa menang melawannya.

Tidak sampai di situ, si kelinci juga menghina kura-kura tersebut dengan kalimat ejekan yang sangat buruk, namun si kura-kura hanya tersenyum dan sabar mendengar ejekannya.

Saat bunyi peluit terdengar, si kelinci pun langsung berlari dan membuat peserta lain terpana. Sedangkan, si kura-kura dengan sabar dan perlahan melangkah maju dan tetap memperhatikan jalanan di depannya.

Si kelinci sangat percaya diri bahwa ia akan memenangkan perlombaan lari ini. Kemudian ia pun menambah kecepatan larinya tanpa menghiraukan peserta lain, serta tidak memperhatikan kondisi jalan yang ada di depannya.

Berbeda halnya dengan si kura-kura yang lebih fokus pada dirinya sendiri dan memperhatikan jalan sekitar. Karena ia tahu bahwa banyak sekali rintangan dan jebakan yang dibuat oleh panitia lomba. Dengan sangat berhati-hati, ia pun melewati satu demi satu jebakan tersebut.

Namun sungguh malang nasibnya, tiba tiba si kelinci terjatuh ke dalam lubang yang lumayan dalam. Kura-kura yang melihat kelinci itu terperosok, ia pun segera memberikan pertolongan dengan cara melemparkan seutas tali. Sesampainya dipermukaan tanah kura-kura melihat bahwa ternyata kaki si kelinci itu terluka.

Si kura-kura pun memberinya obat, lalu melanjutkan perjalanannya sampai menuju garis finish. Dan pada akhirnya, si kura-kura lah yang menjadi satu-satunya pemenang utama.

3. Interpretasi

Si kelinci yang mengalami kekalahan yang diakibatkan karena sifat sombongnya itu pun merasa sangat kecewa. Tapi, hatinya merasa tersentuh pada saat kelinci memperoleh pertolongan dari si kura-kura.

Lalu si kelinci berjanji untuk tidak akan mengulangi lagi, ia pun lantas meminta maaf kepada si kura-kura, dan mengucapkan terima kasih sebab sudah mau menolongnya.

Setelah menyesali perbuatannya, ia pun meminta saran terhadap si kura-kura untuk melatih diri agar lebih waspada dalam menghadapi segala sesuatu.

Contoh Teks Eksemplum tentang Persahabatan

Persahabatan lelaki

Judul: Indahnya Persahabatan

1. Orientasi

Sarah adalah seorang siswa yang saat ini sedang mengenyam pendidikan di bangku SMP. Setiap hari ia selalu menjual kue di kantin sekolah untuk mengurangi beban orang tua dalam membiayai pendidikannya.

Walaupun berlatar belakang keluarga yang perekonomiannya rendah, namun hal tersebut tidak menyurutkan niat Sarah untuk tetap bersekolah. Hinga suatu hari, tepatnya pada tanggal 12 April, tiba-tiba Sarah tidak terlihat masuk sekolah.

2. Insiden

Setelah lebih dari seminggu Sarah tidak masuk sekolah, semua teman-teman sekelasnya berinisiatif untuk mengunjungi rumahnya. Kemudian sesampainya di rumah Sarah, teman-temannya pun mendapat informasi, jikalau Sarah sekarang berjualan kue di Terminal.

Dikatakan, bahwa ia berjualan kue di terminal yaitu untuk melunasi pembayaran SPP bulan Maret yang sampai saat belum dibayarnya.

Mengetahui hal itu, semua teman-temannya pun mendatanginya ke terminal, mereka terus mencari keberadaan Sarah dan mereka juga memutuskan untuk membeli semua kuenya sampia habis terjual selama satu minggu berturut-turut.

3. Interpretasi

Berdasarkan cerita Sarah di atas, bisa kita tarik kesimpulan jika persahabatan adalah hal yang sangat indah. Dengan adanya kasih sayang dan sikap tenggang rasa maka akan memunculkan keikhlasan di dalamnya.

Contoh Teks Eksemplum tentang Pengalaman Pribadi

Gaya hidup hura-hura

Judul: Boros

1. Orientasi

Di suatu hari ada seorang pria bernama Budi, ia sangat gemar menghabiskan uang jajannya untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Ia berperilaku seperti itu karena merasa bahwa orang tuanya adalah keluarga yang kaya raya dan serba berkecukupan.

2. Insiden

Ketika dia beranjak remaja, perilaku borosnya pun semakin menjadi-jadi, terlebih ketika ia sudah memiliki pacar. Padahal, orang tuanya setiap hari telah mengingatkannya agar tidak bersikap boros. Karena untuk mendaptkan uang tidak segampang apa yang dibayangkan. Namun, ia tetap saja menghambur-hamburkan uang tanpa melihat bagimana jerih payah kedua orang tuanya untuk mendapatkan uang.

3. Interpretasi

Berdasarkan cerita pengalaman pribadi di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa menanamkan sikap berhemat dan tidak berperilaku boros merupakan suatu hal yang penting. Dan sebaiknya apabila kita mempunyai uang lebih, maka jadikan uang tersebut sebagai tabungan masa depan, karena tabungan akan sangat dibutuhkan di kemudian hari

Contoh Teks Eksemplum Operasi Zebra

Operasi zebra 2021

Judul: Operasi Zebra

1. Orientasi

Sebuah peristiwa yang membuat aku sadar, bahwa mentaati peraturan merupakan suatu hal yang amat penting. Hampir setiap bulan, aku selalu meluangkan waktu untuk pulang ke Demak, mengingat di sanalah tempat aku dilahirkan. Sekarang ini aku tinggal di Semarang, tepatnya aku tinggal di sebuah kosan.

Aku kuliah di UNDIP dan jarak rumahku dengan kampus sangatlah jauh, jadi aku memutuskan untuk ngekos di sekitar kampus tersebut. Di kosan, aku tinggal bersama adik yang kebetulan ia bersekolah di salah satu SMA di Semarang.

Kala itu, aku berangkat dari kosan sekitar pukul 8 pagi dan kemungkinan akan kembali lagi ke Semarang seminggu setelahnya. Aku menempuh perjalanan pulang dengan mengendarai sebuah sepeda motor.

2. Insiden

Ketika waktu diperjalanan pulang aku sangat mengantuk, karena sehari sebelumnya aku tidak tidur dikarenakan ada tugas dari dosen yang harus dikerjakan. Alhasil dengan kondisi tersebut aku pun menjadi tidak fokus dalam mengendarai motor.

Oleh karena itu, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, kemudian aku menyuruh adikku bertukar posisi untuk mengendarai motor. Dengan catatan, untuk tidak mengebut atau melanggar rambu-rambu lalu lintas dan jika ada operasi zebra cukup berhenti dan tidak usah panik. Yups, mengingat adikku ini belum terlalu mahir dalam mengendarai sepeda motor dan juga belum memiliki SIM karena masih berumur 16 tahun.

Setelah seperempat perjalanan ditempuh, aku melihat tidak ada operasi zebra dan adikku juga terlihat sangat menikmati perjalanan tersebut.

Kemudian aku putuskan untuk beristirahat sebentar. Tak lama berselang, tiba-tiba motor kami pun oleng dan kemudian terjatuh. “Gimana kok bisa jatuh sih?” ujarku. “Itu kak, di depan ada operasi zebra, jadi aku langsung banting stir ke kiri, eh taunya ada selokan.” jawabnya. “Kan kakak sudah bilang, jangan panik!”

3. Interpretasi

Akhirnya motor yang kami kendarai masuk keselokan, beruntung ada warga yang mau membantu kami untuk mengeluarkan motor tersebut dari selokan. Dari kejadian tersebut, aku pun sadar akan pentingnya mentaati peraturan lalu lintas. Terima kasih Tuhan, karena Engkau masih memberi kami keselamatan.


Itulah 8 contoh teks eksemplum beserta strukturnya yang sudah dibuat oleh Pelajarin. Semoga setelah membaca beberapa contoh di atas kamu menjadi lebih paham dan bisa menulis teks eksemplum sendiri, ya!

Contoh Teks Kritik

√ Contoh Teks Kritik dan Esai yang Baik dan Benar 2021

Mau tahu contoh teks kritik dan esai yang benar? Yuk, simak 4 contohnya dari Pelajarin pada artikel berikut.

Contoh Teks Pranatacara

Contoh Teks Pranatacara Bahasa Jawa untuk Berbagai Keperluan

Tengah mencari contoh teks pranatacara? Yuk, simak 5 contohnya yang disajikan dalam bahasa Jawa dari Pelajarin berikut ini.

Contoh Teks Persuasif Singkat

5 Contoh Teks Persuasif Singkat yang Bisa Dijadikan Referensi

Kamu membutuhkan contoh teks persuasif? Yuk, simak beberapa referensinya yang ditulis secara singkat pada artikel ini.

Yuk Diskusikan di Komentar