Contoh Teks Persuasif Singkat

Teks persuasif adalah teks yang bertujuan untuk membujuk atau mempengaruhi seseorang agar mengikuti apa yang diinginkan oleh penulis, baik itu dalam bentuk perbuatan maupun pikiran.

Dalam membuat teks persuasif bukan suatu hal yang mudah, dibutuhkan keterampilan khusus agar pembaca dapat tertarik dengan apa yang kita sampaikan.

Kabar baiknya, di Pelajarin.com telah menyediakan beberapa contoh teks persuasif singkat yang dapat kamu jadikan sebagai referensi. Yuk, kita simak dengan seksama!

Contoh Teks Persuasif Singkat

Vaksin COVID-19

 Vaksinasi sebagai Perlindungan dari  COVID-19

Penyebaran COVID-19 yang hingga saat ini masih cukup tinggi memberikan dampak besar kepada masyarakat. Banyak yang harus kehilangan mata pencaharian, merasakan kelelahan, hingga gangguan kesehatan mental yang meningkat tajam.

Namun, berita baik terkait penanganan COVID-19 datang bersamaan dengan vaksin yang sudah ada. Saat ini, pemerintah sedang menggalakkan agar masyarakat Indonesia mendapatkan vaksin demi menekan angka penyebaran COVID-19.

Cara kerja vaksin sebenarnya bukan membuat tubuh kita menjadi dapat terhindar dari virus Corona, tetapi dengan vaksin tubuh kita akan lebih tahan ketika virus menyerang. Jadi, tubuh yang sudah tervaksin akan membentuk suatu antibodi.

Fungsi dari antibodi inilah yang kemudian membuat tubuh kita menjadi lebih tahan ketika virus COVID-19 masuk ke dalamnya, sehingga hal ini pun dapat meminimalisir gejala berat yang ada.

Perlu diingat, bahwa tidak semua orang dapat divaksin. Ada beberapa kelompok masyarakat yang tidak dapat disuntik vaksin karena kondisi tertentu yang nantinya malah membahayakan. Maka dari itu, vaksinasi perlu dilakukan untuk membantu melindungi kelompok masyarakat yang rentan.

Vaksin saat ini sudah tersedia dengan efektivitas yang cukup tinggi di Indonesia. Hal ini tentunya demi melindungi diri sendiri dan juga orang lain dari bahayanya COVID-19. Oleh karenanya, Yuk segera kita lakukan vaksinasi!

Contoh Teks Pidato Persuasif Singkat

Anak sd menaiki kerbau

Cinta Tanah Air

Assalamu’alaikum Wr .Wb

Salam sejahtera bagi kita semua.

Kepada Bapak/Ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang berbahagia.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat dan rahmat-Nya, sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal’afiat.

Pada kesempatan kali ini saya akan berpidato dengan tema “Cinta Tanah Air”

Teman-teman yang berbahagia,

Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman suku, budaya, adat istiadat, agama dan kesenian.

Namun, seiring berkembangnya zaman, terutama di era globalisasi seperti sekarang ini, budaya barat pun perlahan-lahan masuk ke Indonesia dan berkembang dengan sangat pesat. Kita sebagai generasi muda seakan-akan lebih menyukai budaya barat daripada budaya asli kita sendiri. Dan kita seakan-akan lebih percaya diri dan merasa gaul jika meniru budaya barat.

Teman-teman yang berbahagia,

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mewujudkan rasa cinta kita terhadap bangsa Indonesia, salah satunya yaitu dengan cara melestarikan budaya yang telah diwariskan secara turun-temurun oleh nenek moyang bangsa Indonesia.

Oleh karena itu, marilah kita senantiasa untuk melestarikan dan mencintai kebudayaan lokal kita sendiri. Indonesia telah memberikan banyak sesuatu kepada kita, sekarang giliran kita untuk memberi sesuatu untuknya.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan, apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Contoh Teks Pidato Persuasif Singkat tentang Pendidikan

Kelompok pecinta buku

Gemar Membaca

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Pada pagi hari yang cerah ini, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul di aula sekolah MTs Serba Bakti Suryalaya dalam keadaan sehat. Aamiin.

Siswa dan siswi MTs Serba Bakti Suryalaya yang saya cintai,

Sebagai seorang pelajar, sudah selayaknya kalian semua mencintai ilmu pengetahuan yang sebagian besarnya tertuang dalam buku-buku. Karena seperti diketahui, buku merupakan jendela ilmu, dan dari sanalah kalian akan meraup banyak sekali wawasan, ilmu dan pengetahuan.

Selain itu, kebiasaan membaca buku juga akan mendatangkan banyak sekali manfaat, seperti:

  • Meningkatkan kemampuan berpikir logis dan kritis.
  • Membuat  seseorang mampu berpikir mendalam dan lebih bijak.
  • Meningkatkan wawasan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan.
  • Melatih kecerdasan memori.
  • Meningkatkan peluang untuk sukses di bidang akademik maupun non-akademik.
  • Memperbanyak kosakata yang dimiliki.
  • Meningkatkan kemampuan berbahasa, terutama bahasa tertulis.
  • Meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

Anak-anakku yang berbahagia,

Semua tokoh besar nasional maupun dunia, mereka mempunyai kegemaran membaca. Contohnya Bapak BJ. Habibie yang di perpustakaan pribadinya mengoleksi 5.000 buku. Sebagai generasi bangsa, tentunya kalian jangan kalah dengan beliau. Kalian harus lebih banyak membaca supaya dapat mengikuti jejak langkah Bapak Habibie menjadi generasi yang gemilang.

Siswa dan siswi MTs Serba Bakti Suryalaya yang saya cintai,

Bila selama ini kalian banyak menghabiskan waktu luang untuk bermain game atau bersenda gurau belaka, maka mulai sekarang alihkanlah kegiatan kalian untuk membaca buku. Semoga dengan gemar membaca buku, kalian bisa menjadi orang-orang yang lebih bermanfaat bagi masyarakat,  bangsa, dan negara.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Contoh Teks Pidato Persuasif Singkat tentang Perang Terhadap Narkoba

Katakan tidak pada narkoba

Perang Terhadap Narkoba

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua

Yang terhormat Ibu Dra. Amelia Ulfah selaku guru Bahasa Indonesia dan teman-teman yang saya banggakan.

Pertama-tama marilah kita mengucapkan puji serta syukur ke hadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan kasih-Nya hari ini kita dapat berkumpul di kelas tercinta ini dalam keadaan sehat.

Teman-teman yang berbahagia,

Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan pidato yang bertemakan “Perang Terhadap Narkoba”

Teman-teman yang saya sayangi,

Belakangan ini kita dengar berita di media massa yang menyatakan perang terhadap narkoba. Seperti yang kita tahu, bahwa narkoba dapat menghacurkan generasi muda,  karena generasi ini dinilai masih labil dan mudah sekali untuk dipengaruhi untuk mencoba hal-hal baru. Dengan cap sebagai anak gaul, anak muda dengan mudahnya dirayu dan mau memakai narkoba.

Saya merasa khawatir akan pergaulan masa kini
Saya merasa khawatir akan masa depan bangsa
Saya merasa khawatir akan generasi yang akan datang

Dalam hidup, saya memiliki mimpi untuk melihat generasi muda memerangi narkoba dan memajukan bangsa Indonesia.

Maka dari itu, untuk menghindari keterlibatan kita sebagai generasi muda dengan barang berbahaya ini, ada beberapa tips yang bisa dijadikan pedoman untuk menjauhi masalah ini, antara lain:

  • Menghindari pergaulan bebas
  • Aktif dalam kegiatan yang positif, dan
  • Dekat dengan keluarga

Sebagai generasi penerus bangsa marilah kita ikut memerangi narkoba. Nyatakan perang terhadap narkoba. Kesadaran kita untuk tidak menggunakan narkoba banyak membantu pemerintah dalam peredaran narkoba yang sulit dibasmi.

Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Contoh Teks Persuasif Singkat Beserta Strukturnya

Buanglah sampah pada tempatnya

Buanglah Sampah pada Tempatnya

Pengenalan Isu

Sampah merupakan isu yang cukup meresahkan di Indonesia. Rasanya masih terlalu banyak sampah kecil yang berserakan di sekitar kita. Terkadang banyak orang yang menyepelekan sampah kecil, tanpa mengetahui dampak yang akan ditimbulkannya. Sekecil apapun sampah, yang namanya sampah ya tetap sampah.

Rangkaian Argumen

Sampah yang kita buang di mana saja tidak akan hilang dengan sendirinya. Apalagi jika sampah tersebut merupakan sampah anorganik atau sampah yang tidak dapat diuraikan oleh tanah.

Namun, bukan berarti kita juga bebas untuk membuang sampah organik ke mana saja. Sampah yang mudai terurai tetap tidak akan menghilang secara instan. Membuang sampah secara sembarangan tetap dapat mengundang berbagai jenis bakteri, virus dan parasit

Belum lagi dampaknya yang membuat kita menjadi tidak nyaman. Baunya yang menyengat pun akan sampai hidung kita sebagai orang yang membuangnya. Sebelum mengeluh, bercerminlah pada diri sendiri mengapa kita tidak membuang sampah pada tempatnya.

Pernyataan Ajakan

Oleh karena itu, mulai sekarang marilah kita membiasakan diri untuk dapat membuang sampah pada tempatnya. Bahkan, jika memungkinkan selalu menanamkan pada diri kita masing-masing untuk tetap menjaga kebersihan dengan memungut sampah yang berserakan di jalanan. Sesederhana itu, maka berbagai dampak negatif akan terhindarkan.

Hargailah orang-orang yang selama ini berjasa menjaga kebersihan. Mereka bangun dan bekerja jauh lebih awal dari kita, kedinginan, kelelahan, karena ulah kita yang membuang sampah sembarangan.

Penegasan Kembali

Menghargai mereka sama dengan kita mengehargai diri kita sendiri. Karena saat kita membuang sampah sembarangan, kita akan menjadi pribadi yang kotor seperti sampah itu sendiri. Marilah kita beraksi untuk menjaga kebersihan lingkungan. Lakukanlah perilaku hidup bersih dan sehat dengan tidak membuang sampah sembarangan


Mungkin itu dulu contoh teks persuasif singkat yang bisa dibagikan Pelajarin kali ini. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan, ya!

Contoh Teks Kritik

√ Contoh Teks Kritik dan Esai yang Baik dan Benar 2021

Mau tahu contoh teks kritik dan esai yang benar? Yuk, simak 4 contohnya dari Pelajarin pada artikel berikut.

Contoh Teks Eksemplum

Contoh Teks Eksemplum Beserta Stukturnya

Cari referensi contoh teks eksemplum? Barangkali 8 contoh yang ada di artikel ini dapat membantumu. Cekidot!

Contoh Teks Pranatacara

Contoh Teks Pranatacara Bahasa Jawa untuk Berbagai Keperluan

Tengah mencari contoh teks pranatacara? Yuk, simak 5 contohnya yang disajikan dalam bahasa Jawa dari Pelajarin berikut ini.

Yuk Diskusikan di Komentar